PRAKERIN DI BP DIKJUR HARI KE DUAPULUH EMPAT

20 Oktober 2016
  
          Hari ke duapuluh empat Prakerin di BP DIKJUR Jawa Tengah. Ketemu lagi dengan saya teman"... Gak usah basa basi lagi, hari ini saya cuma mau berbagi pengetahuan saja teman, sekedar untuk pengetahuan untuk temen" semua. Ya, karena memang saya hari ini tidak mendapat tugas yang berkesan atau pekerjaan yang harus di bagi dengan kalian semua.
Hari ini saya gx ngapa"in teman", cuma mengecek komputer Server yg ada di ruang reparasi, Lengkap atau tidak komponennya. Setelah selesai saya lihat" ternyata lengkap lalu saya di beri tugas untuk langsung membawanya ke ruangan IT di BP DIKJUR.
        Dan cuma itu kegiatan saya hari ini. Makanaya saya mau mebagi sedikit pengetahuan untuk teman" semua mengenai pengertian, fungsi, kegunaan dll, dari komputer server.
Langsung saja ya teman, Silakan di simak dan di baca...!! :-D


Pengertian Komputer Server

20 Oktober 2016

        Komputer server merupakan komputer yang melayani permintaan komputer client dengan menyediakan berbagai sumber daya seperti memori yang lebih besar, hardisk dengan kapasitas tinggi, printer yang bisa digunakan bersama dan lain-lainnya.

Fungsi Dan Kegunaan Komputer Server

       Berikut beberapa fungsi dari komputer server:
1. Bertanggung jawab melayani permintaan komputer client.
2. Menyediakan resource untuk di gunakan bersama baik itu perangkat keras ataupun berupa aplikasi agar dapat di gunakan di semua komputer client di dalam jaringan.
3. Bertanggungjawab mengatur lalu lintas data.
4. Dapat menyimpan file, data untuk di akes bersama menggunakan file sharing.
5. Mampu mengatur hak akses level dalam jaringan, sehingga tidak semua client bisa membuka data yang di simpan di komputer server.
6.  menyediakan database atau aplikasi yang dapat di jalankan di semua komputer.
7. Melindungi komputer client dengan memasang firewall atau anti malware di komputer server. 

Manfaat Pennggunaan Komputer Server

       Dari segi manfaat, jelas komputer server sangat di butuhkan dan mampu menghemat biaya menjadi lebih ekonomis.
Misalnya menggunakan komputer server, jika anda memiliki 1 printer katakanlah di sebuah perusahaan maka printer tersebut akan bisa di sharing ke semua pengguna lainnya sehingga dengan 1 komputer akan dapat di gunakan oleh semua client di dalam jaringan.
Jelas lebih hemat bukan di banding anda harus membeli banyak printer dalam satu jaringan? Bukan saja hanya printer, resource lainnya seperti memori, hardisk, scanner pun bisa anda gunakan bersama. 

Jenis Komputer Server

       Komputer server ada  berbagai jenis, seperti lokal server yang di gunakan khusus di jaringan lokal atau hosting server yang biasanya kita gunakan di internet.
Fungsinya pada dasarnya tetaplah sama, hanya mungkin penempatan dan tujuannya di buat berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pengguna, seperti webserver, database server, file server, game server, proxy server, printer server dan masih banyak lagi.

Okeh teman", mungkin cukup itu yang dapat saya bagi dengan teman". Semoga bermanfaat teman...!!

Share on Google Plus

About Ptutomo

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar